Apakah Robot lebih Cerdas dari Manusia?

Dalam rubrik Curious Kids di situs theconversation.com, Liam (anak berusia 7 tahun) mengirimkan pertanyaan menarik untuk mengetahui apakah robot lebih cerdas dari manusia. Curious Kids adalah salah satu rubrik dalam situs theconversation.com yang memungkinkan anak-anak bertanya dalam berbagai bidang untuk mendapatkan jawaban langsung dari pakar.

Dalam postingan ini saya akan merangkum dan menerjemahkan beberapa poin yang dijawab oleh Prof. Hussein Abbass (seorang peneliti senior dalam bidang Artificial Intelligence dari UNSW Canberra) yang telah berbaik hati menanggapi pertanyaan dari Liam :).

Apakah Robot lebih Cerdas dari Manusia?

Sebagian orang berpendapat bahwa manusia akan selalu lebih pintar dari robot,
sebagian memprediksi bahwa robot akan lebih pintar dari manusia di tahun 2045,
dan sebagian lainnya berpendapat bahwa akan dibutuhkan ratusan bahkan jutaan tahun hingga robot menjadi lebih pintar dari manusia.

Secara umum para peneliti telah mengetahui cara kerja otak manusia, tetapi belum memiliki kemampuan untuk benar-benar merancang robot yang memiliki otak sekompleks yang dimiliki oleh manusia.

Anda bisa menganalogikan robot seperti sejenis komputer. Sama seperti otak kita, robot memiliki komputer yang dapat melakukan proses berfikir untuk mereka. Komputer saat ini belum dirancang sekompleks otak manusia, akan tetapi beberapa komputer telah memiliki kemampuan yang sangat hebat sehingga dapat melakukan tindakan yang lebih baik dari manusia dalam beberapa hal.

Apa artinya menjadi pintar menurut Prof. Husein Abbass?

Menurut Prof. Hussein Abbass, kecerdasan tidak hanya diukur dari kemenangan semata. Orang-orang yang merancang Deep Blue (mesin yang menang melawan juara dunia catur Garry Kasparov) dan AlphaGo (mesin yang menang melawan juara dunia dalam permainan Go di tahun 2017) cerdas karena orang-orang dalam tim tersebut bekerja sama untuk menyelesaikan permasalah yang tidak mampu diselesaikan oleh orang sebelumnya.

Kecerdasan yang sesungguhnya menurut Prof. Hussein adalah menjadi manusia yang dapat membantu orang lain yang membutuhkan, dapat berkontribusi untuk komunitas, dan bekerja sama untuk membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Kecerdasan yang sesungguhnya menurut Prof. Hussein adalah menjadi seorang manusia yang dapat membantu orang lain yang memerlukan, dapat berkontribusi untuk komunitas, dan bekerja sama orang lain untuk membuat dunia menjadi tempat tinggal yang lebih baik.

Manusia dikatakan cerdas jika mereka mampu bekerja sama, menghargai sesama manusia, dan mampu membantu orang lain dalam komunitas.
Mereka cerdas karena melakukan hal yang benar seperti menyayangi dan merawat binatang yang tidak dapat merawat dirinya sendiri.

Robot yang ada saat ini belum secerdas manusia dalam berkolaborasi dengan manusia atau bekerja sama dengan sesama robot. Bagi robot, kerjasama ini merupakan hal yang sulit dilakukan. Ini adalah permasalahan yang saat ini sedang diselesaikan oleh Prof. Hussein dalam penelitiannya.

Jika kita membangun robot yang sangat cerdas mereka dapat membantu kita. Tetapi sebagian orang justru khawatir membuat robot yang terlampau cerdas.

Dan meskipun kita memiliki robot-robot luar biasa yang dapat melakukan tugas yang lebih baik dari manusia dalam beberapa hal, mereka saat ini belum benar-benar secerdas manusia. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat robot menjadi benar-benar lebih pintar dari manusia? Ini adalah pertanyaan yang sangat sulit dijawab.

Manusia adalah makhluk yang memiliki kreativitas dan peneliti yang memiliki ide
cemerlang dalam waktu dekat mungkin saja merancang robot yang super cerdas.

Dan ini adalah kalimat penutup yang saya paling suka dari jawaban Prof. Hussein Abbas dalam menanggapi pertanyaan Liam:

Mungkin peneliti yang dapat merancang robot yang super cerdas ini adalah Liam yang menanyakan pertanyaan ini. Jika Ia belajar dengan sangat keras, mungkin Ia akan menjadi peneliti cemerlang yang merancang robot yang paling cerdas tersebut :).

Article ini ditulis oleh Medria Hardhienata dengan merangkum dan menerjemahkan artikel dengan judul curious-kids-are-robots-smarter-than-humans yang ditulis oleh Prof. Hussein Abbass.

Reference:

https://theconversation.com/curious-kids-are-robots-smarter-than-humans-110787

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s